Sabtu, 23 Januari 2010

Manfaat Bermain FarmVille

Manfaat Bermain




adalah salah satu game dari Zynga yang ada di Facebook (jejaring sosial yang mulai beken di tahun 2008-2009/facebook.com)
Berikut ini adalah manfaat bermain:
1. Mengenalkan kita terhadap sektor pertanian.
Ketika bermain kita akan berperan sebagai petani dan mengolah tanah/lahan kita sendiri, mulai dari membajak tanah, membeli dan menyebarkan benih, membeli alat-alat, sampai dengan memanen tanaman tesebut jika sudah waktunya.
Sudah sepatutnyalah di negri yang agraris ini kita lebih tahu tentang sektor pertanian, walaupun di sini memang berbeda dengan yang sebenarnya (namanya juga game). Tapi secara umum mekanisme permainan di game ini sudah mendekati keadaan yang sebenarnya.
2. Melatih kesabaran dan ketelatenan.
Kita harus sabar menunggu saat kita menantikan saat panen tiba karena waktu tanaman tercepat dipanen(strawberry) adalah dua jam. Di sini ketelatenan diperlukan agar kita bisa naik level secepatnya yang tentunya secara wajar, tanpa transfer uang untuk sekedar game (saya pernah liat iklan di internet yang menawarkan naik level dengan cepat setelah transfer sejumlah uang) karena tentu sangat rugi bila kita tidak panen gara-gara kita lupa menjenguk ladang kita.
Gambar 1
Foto lahan saya ketika level 24
3. Melatih kerja sama dan kekompakan dengan teman-teman.
Peranan teman sebagai tetangga/neighbor di bisa dibilang sangat penting. Selain bisa memberi barang-barang/gift untuk menambah koleksi kita, jumlah neighbor juga digunakan sebagai syarat membeli beberapa barang(contoh jika kita ingin mengembangkan lahan/expand farm).
4. Melatih kita dalam bidang seni dan penataan ruang.
Di kita diberi sebidang lahan kosong yang bisa kita tanami atau kita gunakan untuk bangunan sehingga kita bisa menggunakan lahan itu dan menatanya seindah mungkin dengan didukung dengan berbagai accessories yang tersedia. Tentunya penataan tersebut juga harus efisien agar dapat menghasilkan penghasilan yang maksimal.
5. Melatih kita dalam menyusun strategi dan mengatur waktu.
Karena merupakan game online yang membutuhkan koneksi dengan internet dalam memainkannya, tentunya kita juga perlu mengatur waktu kita, kapan kita online, kapan kita offline. Jadi dalam memilih jenis tanaman yang akan kita tanam, kita harus memperhitungkan berapa lama jangka waktu panennya, yaitu kita pilih jenis tanaman yang panen saat kita online berikutnya. Mungkin jika kita online harian bias pilih tanaman soybean, watermelon, dll. Yang mempunyai masa panen 24 jam (satu hari).


6. Membuat kita menjadi senang.
Namanya juga game, hehe.
7. Mungkin masih banyak manfaat lainnya yang belum saya sebutkan yang mungkin teman-teman bisa membantu menambahkan. Terima kasih.

Gambar 2
Gambar ketika akan masuk game
Gambar 3
Foto Ladang saya ketika panen jagung (level 27, panen euy)
 
Gambar 4
Foto ladang ketika panen bunga matahari. (Horeee)

>’PrIY@N

Tidak ada komentar:

Posting Komentar